Latest News

Pertimbangan-pertimbangan dalam memilih model pembelajaran

Tidak ada satu model pembelajaran yang lebih baik dari model pembelajaran lainnya. Artinya, setiap model pembelajaran harus disesuaikan dengan konsep yang lebih cocok dan dapat dipadukan dengan model pembelajaran yang lain untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam meilih suatu model pembelajaran harus mempertimbangkan antara lain: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, jam pelajaran, tingkat perkembangan peserta didik, lingkungan belajar, dan fasilitas penunjang yang tersedia. Dengan cara itu, tujuan pembelajran yang telah ditetapkan dapat dicapai.

Banyak macam model pembelajaran yang dapat diaplikasikan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran.Namun perlu diingat bahwa tidak semua model bisa dikategorikan sebagai model yang baik (sama seperti metode pembelajaran), dan tidak pula semua model dikatakan jelek. Kebaikan suatu model terletak pada ketepatan memilih.
Pengalaman membuktikan bahwa kegagalan pembelajaran salah satunya disebabkan oleh pemilihan model yang kurang tepat. Kelas yang kurang bergairah dan kondisi peserta didik yang kurang kreatif disebabkan oleh penentuan model yang kurang sesuai dengan sifat bahan, dan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Karena itu, dapat dipahami bahwa model adalah suatu cara yang memiliki nilai strategis dalam kegiatan pembelajaran. Dikatakan demikian karena model dapat mempengaruhi jalannya kegiatan pembelajaran.Dikatakan demikian karena model dapat mempengaruhi jalannya kegiatan pembelajaran. Pemakaian model yang satu digunakan untuk mencapai tujuan yang satu, sementara penggunaan model yang lain, juga digunakan untuk mencapai tujuan yang lain. Penggunaan model yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran akan menjadi kendala dalam pencapaian tujuan yang telah dirumuskan.

Dalam menetapkan model pembelajaran, bukan tujuan yang menyelesaikan dengan model atau karakter anak, tetapi model hendaknya jadi variabel dependen yang dapat berubah dan berkembang sesuai kebutuhan. Keefektifan penggunaan model dapat dicapai bila ada kesesuaian antara model dengan semua komponen pembelajaran. Makin tepat model yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran, diharapkan makin efektif pula pencapaian tujuan pembelajaran. Tentunya faktor-faktor lainpun harus diperhatikan juga, seperti; faktor guru, faktor peserta didik, faktor situasi, (lingkungan belajar), media dan lain-lain.

Fungsi-fungsi model pembelajaran tidak dapat diabaikan, karena model pembelajaran tersebut turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran. Dengan demikian, salah satu keterampilan guru yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran adalah keterampilan memilih model pembelajaran. Pemilihan model berkaitan langsung dalam usaha guru menampilkan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pembelajaran diperoleh secara optimal. Salah satu hal yang sangat mendasar untuk dipahami guru adalah bagaimana memahami kedudukan model sebagai salah satu ungsur bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang sama pentingnya dengan unsur-unsur lain dalam keseluruhan unsur pendidikan.

1 Response to "Pertimbangan-pertimbangan dalam memilih model pembelajaran"