Lesson study sebagai model pembinaan guru
1. Pengertian dan Urgensi lesson study
Lesson study adalah suatu model yang di kembangkan di jepang. Istilah lesson study sendiri diciptakan oleh makoto Yoshida.Lesson Study merupakan terjemahan langsung dari bahasa jepang jugyokenkyu, yang berasal dari kata jugyo yang berarti lesson atau pembelajaran, dan kenkyu yang berarti study atau penelitihan atau pengkajian terhadap pembelajaran.
Dalam hal ini Lesson Study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas yang saling membantu dalam belajar untuk membangun komunitas belajar.
Menurut Lewis (2002) ide yang terkandung di dalam lesson study sebenarnya singkat dan sederhana, yakni jika seorang guru ingin meningkatkan pembelajaran, salah satu cara yang paling jelas adalah melakukan kolaborasi dengan guru lain untuk merancang, mengamati dan melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan. Selanjutnya, Lewis (2002) menjelaskan bahwa Lesson study memiliki memiliki urgensitas yang sangat tinggi karena Lesson study dipilih dan di implementasikan karena beberapa alasan. Pertama, lesson study merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini karena: (a) Pengembangan lesson study dilakukan dan didasarkan pada hasil "sharing" pengetahuan profesional yang berlandaskan pada praktik dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan para guru. (b) Penekanan mendasar pada pelaksanaan suatu lesson study adalah agar para peserta didik memiliki kualitas belajar; (c) Kompetensi yang diharapkan dimiliki peserta didik, dijadikan fokus dan titik perhatian utama dalam pembelajaran di kelas; (d) Berdasarkan pengalaman real di kelas, lesson study mampu menjadi landasan bagi pengembangan pembelajaran; dan(e) Lesson Study akan menempatkan peran guru sebagai peneliti pembelajaran. Kedua, lesson study yang di disain dengan baik akan menjadikn guru yang profesional dan inovatif. Dengan melaksanakan lesson study para guru dapat : (a) Menentukan kompetensi yang perlu dimiliki peserta didik, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran (lesson) yang efektif; (b) Mengkaji dan meningkatkan pelajaran yang bermanfaat bagi peserta didik; (c) Memperdalam pengetahuan tentang mata pelajaran yang disajikan para guru; (d) Menentukan standar kompetensi yang akan dicapai para pesera didik; (e) Merencanakan pelajaran secara kolaboratif; (f) Mengkaji secara teliti belajar dan perilaku peserta didik; (g) Mengembangkan pengetahuan pembelajaran yang dapat diandalkan; dan (h) Melakukan refleksi terhadap pengajaran yang dilaksanakannya berdasarkan pandangan peserta didik dan koleganya.

0 Response to "LESSON STUDY dan berbagai upaya untuk mewujudkan pembelajaran yang berhasil"