Smith dan Ragan (2003) mengemukakan beberapa indikator yang dapat digunakan untuk menentukan keberhasilan pembelajaran, antara lain, faktor (1) Efektifitas, (2) efisiensi, dan (3) daya tarik. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu bahwa peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti yang diharapkan. Pembelajaran yang efisien memiliki makna adanya aktivitas pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan waktu dan sumber daya yang relatif sedikit. Pembelajaran perlu diciptakan agar menjadi sebuah peristiwa yang menarik sehingga mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
Proses pembelajaran yang berhasil hanya mungkin bisa terwujud apabila dilaksanakan oleh guru profesional dan dijiwai semangat profesional dan dijiwai semangat profesionalisme yang tinggi. Guru yang profesioanal adalah guru yang memiliki keahlian dan kemampuan yang memadai. Guru profesional ialah guru yang bisa mewujudkan pembelajaran yang berhasil.
Untuk mewujudkan pembelajran yang berhasil, ada berbagai upaya yang bisa dilakukan, antara lain:
Pertama, dalam proses pembelajran, wujudkan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM). Dalam menghadapi tantangan dan persingan di era global diperlukan sumber daya manusia yang kreatif , mandiri, inovatif dan demokratis. Pendidikan memiliki peran dan fungsi untuk menghasilkan anak bangsa yang sanggup menempatkan diri di tengah arus perubahan yang cepat. Ada banyak upaya yang bisa dilakukan diantaranya ialah dengan penerapan "pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan"
Kedua, Motivasi lah peserta didik anda. Lakukanlah hal-hal yang dapat memotivasi peserta didik, agar dapat berinteraksi atau berpartisipasi dalam kegiatan kelas. Berikan kesempatan pada peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya. Dalam proses pembelajaran, hendaknya terjalin interaksi yang bersifat edukatif.Guru tidak hanya sekedar penyampaikan bahan yang harus dipelajari, tetapi sebagai figur yang dapat memotivasi perkembangan pribadi peserta didik hendaknya berdasarkan sentuhan-sentuhan psikologis, yang saling memahami antara guru dengan peserta didik.

0 Response to "Berbagai upaya untuk mewujudkan Pembelajaran yang berhasil"