Disadari benar bahwa menentukan model pembelajaran yang dianggap unggul adalah sulit. Model pembelajaran itu banyak macamnya, dan keunggulan model pembelajaran sangat bergantung pada tujuan. Sulit untuk menunjukkan suatu model pembelajaran yang sempurna, yang dapat memecahkan semua masalah sehingga dapat membantu peserta didik mempelajari apa saja dengan model tersebut. Model-model pembelajaran inipun sebenarnya tidklah dimaksudkan untuk membantu semua jenis belajar atau untuk melaksanakan berbagai gaya belajar. Penciptaan model-model pembelajaran ini didasari pada asumsi bahwa hanya ada model belajar tertentu yang cocok untuk ditangani dengan model pembelajaran tertentu. Untuk belajar tertentu diperlukan model pembelajaran tertentu pula. Untuk itu dijumpai banyak model pembelajaran dan gaya belajar dengan tujuan yang berbeda-beda.
Moore (1999)menjelaskan bahwa pembelajaran yang baik ialah suatu penelitihan terhadap berbagai segi untuk membantu peserta didik dalam menerima pelajaran.
Mengingat tidak ada model yang tepat untuk semua kondisi yang dihadapi. Maka guru dapat diharapkan mampu memilah dan memilih dengan tepat model yang digunakan agar hasil pembelajaran bisa efektif. Guru dituntut dapat menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan dapat meningkatkan keaktifannya. Salah satu peran guru yang terpenting adalah mencerdaskan dan mempersiapkan masa depan peserta didik melalui kegiatan belajar yang benar-benar kreatif, terbuka dan menyenangkan (joyfull learning).
Seiring dengan kemajuan zaman yang terus berkembang dari hari kehari, ternyata dunia pendidikan juga mengikuti arus perkembangan zaman itu. Salah satu perkembangan itu ditunjukkandengan dihadirkannya banyak model-model pembelajaran yang biasa diterapkan saat ini. Keanekaragaman model pembelajaran yang hendak disampaikan dalam blog ini merupakan upaya menyediakan berbagai alternatif dalam model pembelajaran yang hendak disampaikan agar selaras dengan tingkat perkembangan peserta didik. Ini berarti tidak ada model pembelajaran yang paling baik, atau model pembelajaran yang satu lebih baik dari model pembelajaran yang lain. Baik tidaknya suatu model pembelajaran atau pemilihan suatu model pembelajaran tergantung pada tujuan pembelajaran, kesesuaian dengan materi yang hendak disampaikan, perkembangan peserta didik, dan juga kemmpuan guru dala mengelola dan memberdayakan semua sumber belajar yang ada.
Saat ini, kurikulum yang digunakan (kurikulum 2013) menuntuk adanya keanekaragaman atau variasi dalam pembelajaran yang mengarah pada PAIKEM (pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan). Model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh para guru sangat beragam.73
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

0 Response to "Berbagai Model Pembelajaran"